Khuarijmi, Muhamad Hisni (2024) Penggunaan model Cooperative Learning tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadist: Penelitian quasi eksperimen pada siswa Kelas XI MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
Abstract
Mata pelajaran Qur’an Hadist di MA Ar-Rosydiyah konsisten menggunakan metode diskusi. Metode diskusi dilakukan dengan baik dan maksimal sesuai dengan pedoman RPP yang didasarkan pada langkah-langkah pembelajaran, sehingga menjadikan sekolah MA Ar-Rosydiyah termasuk sekolah favorit yang banyak diminati. Namum, ketika metode diskusi dilakukan terus menerus bisa saja menimbulkan kebosanan. Dengan demikian, peneliti mencoba membandingkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match untuk mencari alternatif pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match. 2) Hasil berlajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match. 3) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Index Card terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini didasarkan atas teori yang mengatakan bahwa kegiatan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match ini dapat memberikan kontribusi siswa secara merata. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk penjelasan materi, meninjau ulang materi sebelum dan sesudah. Jenis pembelajaran ini digunakan untuk mengatasi masalah belajar dengan mencocokan atau mencari pasangan kartu yang berisikan pertanyaan dengan jawaban. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Quasi Experiment, dengan sampel penelitian berjumlah 39 siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan lembar tes terhadap kegiatan siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP yang dibuat. 2) Hasil berlajar siswa meningkat seterlah mernggurnakan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match. Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest sebesar 88,57 dan rata-rata nilai pretest sebesar 58,57. 3) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match terhadap peningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,699 yang termasuk dalam peningkatan kategori sedang. Dikertahuri Uji Hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailerd) serbersar 0,000 < 0,05, maka serbagaimana dasar perngambilan kerpurtursan dalam urji inderperndernt sampler t terst dapat disimpurlkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterrima. Dengan demikian, Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Qur’an Hadist di kelas XI MA Ar-Rosydiyyah Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Index Card Match; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Hisni Khuarijmi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:31 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97818 |
Actions (login required)
View Item |