Fatimah, Feti (2024) Analisis program hafalan Al-Qur’an pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Kelurahan Karang Pamulang Kecamatan Mandala Jati Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunng Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan disebabkan karena adanya suatu fenomena menarik terkait adanya program hafalan Al-Qur’an yang ditemukan pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui program hafalan Al-Qur’an dan untuk mengetahui kesulitan menghafal Al-Qur’an yang dirasakan oleh siswa kelas IV MI Miftahul Huda. Program hafalan Al-Qur’an merupakan suatu cara untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an yang dimiliki oleh seseorang. Untuk mengetahui baik atau buruknya hafalan dan faktor kesulitan menghafal siswa kelas IV MI Miftahul Huda penulis melakukan serangkaian tes lisan kepada siswa dan melakukan proses wawancara terhadap siswa dan guru terkait faktor kesulitan menghafal yang terjadi kepada siswa. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis data yang penulis digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes lisan kepada siswa, wawancara kepada siswa dan guru serta dokumentasi untuk memperkuat data yang ada. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan diantaranya yaitu: sebanyak 8 siswa dengan persentase 40% memiliki kualitas hafalan yang baik sekali, sebanyak 5 siswa dengan persentase 25% memiliki kualitas hafalan yang baik, sebanyak 7 siswa dengan persentase 35% memiliki kualitas hafalan cukup dan tidak ada siswa yang memiliki kualitas hafalan yang kurang dan sangatlah kurang. Secara keseluruhan telah diketahui bahwa kualitas hafalan yang dimiliki oleh siswa kelas IV MI Miftahul Huda memiliki kualitas hafalan yang cukup baik. Hal ini terjadi karena adanya suatu program hafalan di MI Miftahul Huda yang bernama program WAFA MimHa. Kata Kunci: Kualitas, Hafalan Al-Qur’an, Kesulitan Menghafal, Madrasah Ibtidaiyah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas; Hafalan Al-Qur’an; Kesulitan Menghafal; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | Education, Research Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Feti Fatimah |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97915 |
Actions (login required)
View Item |