Diniati, Siti Wildan (2024) Implementasi media audio-visual pada pembelajaran PAI materi aku anak saleh untuk meningkatkan sikap sopan santun dan empati siswa: Penelitian di kelas IV SDN Cengal II. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Di sekolah SDN Cengal II, guru telah menerapkan media dalam pembelajaran PAI dengan tahapan-tahapan yang sesuai dengan teori. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan (membuat modul ajar), tahap pelaksanaan (penerapan media slide show), dan tahap evaluasi (tanya jawab). Namun pada kenyataannya, masih terdapat beberapa siswa yang kurang memiliki sikap sopan santun seperti memanggil teman dengan sebutan nama orang tua, kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, berbicara kasar, dan menyakiti teman yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi media audio- visual yang digunakan dalam pembelajaran PAI materi Aku Anak Saleh untuk meningkatkan sikap sopan santun dan empati siswa 2) Menganalisis seberapa besar tingkat pengaruh media audio-visual terhadap sikap sopan santun siswa 3) Menganalisis seberapa besar tingkat pengaruh media audio-visual terhadap empati siswa, dan 4) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi beberapa siswa kurang memiliki sikap sopan santun dan empati. Penelitian ini didasarkan pada teori yang mengatakan bahwa sikap sopan santun dan empati siswa dapat dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran, media pembelajaran tersebut yakni media audio-visual. Atas dasar tersebut, maka penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan sikap sopan santun dan empati siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu mixed-method karena menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu sequential exploratory. Teknik pengumpulan data untuk kuantitatif menggunakan angket pernyataan dengan sampel 28 orang siswa. Untuk menguji hipotesis menggunakan Uji Paired Samples Test dan untuk mengetahu kategori sikap sopan santun dan empati menggunakan Uji N-Gain. Sedangakan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa: Pertama, implementasi media audio- visul dalam pembelajaran PAI terlaksana dengan baik. Kedua, tingkat pengaruh media audio-visual terhadap sikap sopan santun siswa sebesar 0,1932 yaitu berkategori rendah karena siwa masih memangil nama teman dengan sebutan nama orang tua dan berkata kasar. Ketiga, tingkat pengaruh media audio-visual terhadap empati siswa yaitu sebesar 0,5154 yakni berkategori sedang karena siswa belum bisa menghargai teman. Keempat, gender, lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, dan penggunaan gawai menjadi faktor beberapa siswa kurang sopan santun dan memiliki empati. Penanggulangan untuk meningkatkan sikap sopan santun dan empati yakni perlu adanya hubungan yang baik diantara lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, dan membatasi serta mengawasi siswa dalam penggunaan gawai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama Islam; media; audio-visual |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97992 |
Actions (login required)
View Item |