Interaksi Sosial Komunitas muslim dengan komunitas Tionghoa di kampung kalipasir pasar lama kota Tangerang tahun 1671-2024 M

Fahrezi, Zidan Sultan (2024) Interaksi Sosial Komunitas muslim dengan komunitas Tionghoa di kampung kalipasir pasar lama kota Tangerang tahun 1671-2024 M. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
8_daftarpustaka.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Kedatangan Islam dan tinggalnya Etnis Tionghoa di Pasar Lama serta Interaksi Sosial yang terjadi antara Komunitas muslim atau Pribumi dengan Komunitas Tionghoa yang berada di Kampung Kalipasir dengan dimulainya Pembangunan Pasar Lama di saat sekarang. Penelitian ini merumuskan dua masalah utama: bagaimana profil daerah Pasar Lama Kota Tangerang dan kedua bagaimana bentuk Interaksi Sosial yang berlansung di daerah Kalipasir dari tahun 1671-2024. Tujuan Penelitian ini adalah: pertama, untuk menjelaskan profil daerah Pasar Lama Kota Tangerang; kedua, untuk menguraikan bagaimana Interaksi Sosial yang terjadi antara Komunitas Muslim dengan Komunitas Tionghoa di Kampung Kalipasir yang telah berlansung lama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Sejarah, yang melibatkan empat tahapan yaitu heuristik, kritik sumber, interprestasi, dan historiografi. Dan juga melakukan turun lansung ke Lapangan dan melakukan wawancara dengan pihak terkait. Hasil dari penelitian ini adalah Interaksi Sosial yang terjadi di Kampung Kalipasir berhasil membangun secara harmonis dengan berbagai Akulturasi budaya yang masuk dan saling melengkapi serta Asimilasi didalamnya. Melalui wawancara dengan Tokoh Masyarakat baik Muslim Pribumi ataupun Tionghoa serta analisis dokumen Sejarah lokal dimana mampun menjalin hubungan harmonis yang didasarkan pada toleransi dan rasa nasib yang sama serta kesadaran tinggi akan perbedaan etnis salah satunya, dan mereka berhasil menjalin dalam sektor Ekonomi dan Sosial lalu adanya peran Penghargaan terhadap Tradisi masing-masing. Faktor-faktor yang mendukung harmoni ini antara lain adalah sejarah panjang interaksi, adanya tokoh-tokoh pemersatu, serta peran aktif lembaga-lembaga sosial dan keagamaan dalam memfasilitasi dialog antar komunitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: interaksi; komunitas muslim dengan Tionghoa; kalipasir kota lama Tangerang
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zidan Sultan Fahrezi
Date Deposited: 12 Sep 2024 00:08
Last Modified: 12 Sep 2024 00:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98027

Actions (login required)

View Item View Item