Peran ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri putri: Penelitian di Pondok Pesantren Fathan Mubina Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Febrian, Thania Ria (2024) Peran ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri putri: Penelitian di Pondok Pesantren Fathan Mubina Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan spiritual membantu individu mengembangkan diri melalui penerapan nilai-nilai positif dan membedakan yang benar dari yang salah. Pondok pesantren berperan penting dalam membina kecerdasan spiritual santri, namun tantangan dari faktor internal dan eksternal dapat mengganggu perkembangan ini. Penelitian ini akan meneliti peran ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri di Pondok Pesantren Fathan Mubina, Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri putri, memahami bagaimana proses pelaksanaan bimbingan tersebut, serta mengevaluasi hasil yang diperoleh dari pelaksanaan bimbingan dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri putri di Pondok Pesantren Fathan Mubina. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang didapatkan dari sumber data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan hasil yang mendalam terkait objek penelitian dan relevansinya dengan teori. Penelitian ini berlandaskan pada konsep bahwa peran ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri merupakan bentuk bimbingan yang melibatkan pemberian bantuan oleh seorang ahli, yang mencakup penyampaian pengetahuan, pemahaman diri, serta pengarahan spiritual yang tercermin dalam praktik ibadah dan perilaku santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri (1) Peran Ustadzah dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri adalah ustadzah sebagai fungsi pembimbing yang memberikan arahan dan dukungan pada santri dalam menghadapi berbagai tantangan. Ustadzah juga bertanggung jawab dalam membentuk karakter dan spiritualitas santri, dan juga membantu para santri dalam mengembangkan pemahaman yang kuat terhadap nilai-nilai agama. (2) Metode yang digunakan dalam meningkatkan spiritualitas ibadah santri seperti, menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, serta praktik langsung dalam menyampaikan materi agama, agar dapat mudah dipahami oleh santri. Apabila ustadzah mempunyai tantangan untuk meningkatkan spiritualitas ibadah santri, maka ustadzah menggunakan metode pendekatan secara individualis yang bertujuan agar santri merasa di perhatikan oleh pembimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran ustadzah; Spiritualitas; Ibadah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Thania Ria Febrian
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:20
Last Modified: 12 Sep 2024 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98028

Actions (login required)

View Item View Item