Kebijakan redaksional Nu Online Jabar dalam pemuatan berita Citizen Journalism: Studi deskriptif dalam menjaga kualitas berita edisi 5-10 Desember 2023

Fauziah, Hasemi (2024) Kebijakan redaksional Nu Online Jabar dalam pemuatan berita Citizen Journalism: Studi deskriptif dalam menjaga kualitas berita edisi 5-10 Desember 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Kebijakan redaksi merupakan hal yang sangat krusional dalam sebuah media. kebijakan redaksional adalah acuan sebuah media dalam memberikan atau tidak sebuah berita. penelitian mengenai kebijakan redaksional NU Online Jabar menjadi hal yang menarik untuk diteliti, hal itu disebabkan karena NU Online Jabar menyuguhkan perspektif yang berbeda dan pengemasan yang unik pada berita. Teori ini bertujuan untuk penentuan isi berita yang dikenalkan Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. penelitian ini akan mengkaji tentang 5 level pengaruh diantaranya level individu, level rutinitas media, level organisasi media, ekstra media dan ideologi dalam kebijakan redaksional NU Online Jabar dalam penentuan sebuah berita. Dalam penelitian ini menggunakan teori Hirarki Pengaruh dari Pamela J Shoemaker dan Stephen D Reese dengan menggunakan teknik teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, kepada tiga informan yang merupakan jajaran redaksi juga pimpinan NU Online Jabar. Berdasarkan hasil temuan peneliti, kebijakan redaksi NU Online Jabar dalam penentuan berita tidak lepas dari lima faktor yang di kenalkan oleh Shoemaker dan Reese baik eksternal maupun internal. faktor individu yang dipengaruhi dengan karakteristik, nilai, latar belakang, pengalaman, serta prinsip dari kode etik jurnalistik yang di anut reporter. faktor ruitinitas digambarkan oleh tiga unsur yang berkaitan. faktor organisasi yang berpengaruh terhadap kebijakan redaksional dibuat oleh pemiliki media dan pimpinan redaksi NU Online Jabar tergantung acuan dari kebijakan dari Perusahaan serta visi dan misi. faktor ekstra media dipengaruhi oleh dewan pers, sumber berita, dan pangsa pasar. NU Online Jabar yang berideologikan liberal, dapat dilihat dari isi berita NU Online Jabar yang vocal terhadap kesetaraan gender, hak asasi manusia, dan kebebasan individu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Redaksi; NU Online Jabar; Hirarki Pengaruh
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hasemi hasemi fauziah fauziah
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:21
Last Modified: 12 Sep 2024 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98053

Actions (login required)

View Item View Item