Berliana, Adnin Dikeu Dewi (2024) Efektivitas aplikasi Sambara sebagai inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (583kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BBA III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Abstract
Pada saat ini teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dimana pemerintah tentunya harus memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan singkat. Adanya aplikasi sambara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun permasalahan yang muncul di masyarakat dalam pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sistem online yakni mulai dari penerapan pembayaran pajak secara online masih kurang maksimal dilakukan daripada pembayaran pajak secara langsung melalui Samsat offline, ketidakmampuan masyarakat mengoperasikan aplikasi tersebut. Sehingga masyarakat masih melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan mendatangi langsung ke kantor Samsat. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas penerapan aplikasi sambara sebagai inovasi pelayanan pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta. Adapun teori yang digunakan yakni teori efektivitas yang dikemukakan oleh Duncan dalam buku efektivitas organisasi yang menunjukkan adanya tiga indikator penting dalam mengukur sejauh mana keberhasilan efektivitas yang dilihat dari tiga indikator tersebut diantaranya pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan tipe deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yang didapatkan melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Efektivitas Aplikasi Sambara Sebagai Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta dilihat dari dimensi pencapaian tujuan sudah efektif, karena aplikasi sambara ini dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara mudah, cepat dan singkat. Pada dimensi integrasi sudah efektif namun belum optimal, hal ini karena sosialisasi yang dilakukan pihak pelaksana layanan masih kurang dilakukan sehingga masih adanya masyarakat yang tidak paham akan penggunaan aplikasi sambara. Dan pada dimensi adaptasi sudah efektif, karena baik pengadaan sarana dan prasarana serta pengadaan tenaga kerja sudah dilakukan dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Pajak; Aplikasi Sambara |
Subjects: | Public Finance Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Adnin Dikeu Dewi Berliana |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98056 |
Actions (login required)
View Item |