Zakiyah, Maila (2024) Implementasi metode sorogan dalam membaca kitab kuning di pesantren : Studi deskriptif analitik terhadap proses pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
Abstract
Metode sorogan merupakan suatu metode pembelajaran membaca kitab kuning di lingkungan pondok pesantren, termasuk di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in Kabupaten Subang. Dalam metode sorogan ini santri menghadap langsung kepada ustadz, menyodorkan kitab dan membacanya. Santri juga menghapal dan menjelaskan materi dalam kitab. Berdasarkan studi pendahuluan, proses pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in sudah dilaksanakan dengan cukup baik dan sesuai dengan ketentuan. Mestinya santri dapat membaca kitab kuning dengan baik dan benar. Namun, pada kenyataannya masih ditemukan santri yang belum mahir membaca kitab kuning. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain seperti keterlambatan santri membaca dan mempelajari kitab kuning serta materi bahasa Arab yang belum dipahami secara utuh, sehingga pengaplikasian teori nahwu dan shorof dirasakan sulit oleh santri ketika membaca kitab kuning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Implementasi Metode Sorogan dalam Membaca Kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in, (2) Evaluasi implementasi metode sorogan dalam proses pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in, (3) Faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran membaca kitab kuning di di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Implementasi Metode Sorogan dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in Kabupaten Subang memiliki tiga tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun kegiatan pelaksanaan sorogan dibagi menjadi tiga yaitu ustadz menyampaikan materi, ustadz menyimak bacaan kitab santri, kemudian ustadz dan juga santri melakukan musyawaroh. (2) Evaluasi metode sorogan di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in Kabupaten Subang terdiri dari tes tulis dan tes praktik membaca. (3) Faktor pendukung Implementasi Metode Sorogan dalam Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Anwar Mubtadi’in Kabupaten Subang adalah penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, kesediaan santri belajar cukup baik, dan kesediaan ustadz mengajar yang hebat dan profesional. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah agenda kegiatan yang cukup padat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sorogan; Kitab Kuning; Santri |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maila Zakiyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:06 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98166 |
Actions (login required)
View Item |