Pengaruh model Problem Based Insturction terhadap sikap cinta budaya siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV di MIS Matla'ul Atfal

Fikriyah, Ghina (2024) Pengaruh model Problem Based Insturction terhadap sikap cinta budaya siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV di MIS Matla'ul Atfal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak dari globalisasi terhadap luntunya kebudayaan di Indonesia, hal ini pula yang membuat kurangnya sikap cinta budaya yang dimiliki siswa di kelas IV MIS Matla’ul Atfal. Pada hasil pretetst dan hasil observasi menunjukan bahwa kebiasaan kebiasaan siswa dikelas yang menunjukan kurangnya sikap cinta budaya, dan juga pembelajaran yang masi berpusat pada guru sehingga siswa masih belum dapat menguasai materi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap cinta budaya siswa sebelum menggunakan model Problem Based Insturction (PBI), untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction (PBI) terhadap sikap cinta budaya siswa, serta mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan sikap cinta budaya siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS yang menggunakan model Probelem based Instruction (PBI) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan memakai desain The Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Matla’ul Atfal. Data diperoleh dari hasil observasi pada proses pembelajaran dan skor soal pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa dengan menggunakan skala likert yang memiliki nilai gradari 1-5 dari positif dan sebaliknya dari negatif. Nilai Berdasarkan uji Mann Whithney pada NGain score kelas eksperimen dan kontrol nilainya adalah 0,004 yang artinya tarad signifikansinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan rata-rata pada kelas yang menggunakan model (PBI) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Analisis Data dengan menggunakan Ngain Score persen menunjukan rata-rata nilai pada kelas eksperimen memperoleh nilai 65,01 dengan kriteria “cukup efektif’ pada tarap sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Globalisasi; Model pembelajaran PBI; Sikap Cinta Budaya
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ghina Fikriyah Neng Mulyati
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:46
Last Modified: 13 Sep 2024 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98320

Actions (login required)

View Item View Item