Pranoto, Muhammad Alfi Hadriza Pranoto (2024) Pembentukan model kepuasan pembelajaran mahasiswa dalam Flipped Classroom dengan metode Hybrid Structural Equation Modeling Artificial Neural Network. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1207010039-1.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
1207010039-6-7.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
1207010039-11-12.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1207010039-18-25.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
1207010039-26-55.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
||
Text (BAB III)
1207010039-56-62.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (BAB IV)
1207010039-63-75.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text (BAB V)
1207010039-76-77.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1207010039-78-79.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
Abstract
Seiring berjalannya waktu pendidikan dan teknologi semakin berkembang secara bersamaan, salah satu produk dari keduanya ialah pembelajaran online yang sangat memudahkan tenaga pendidik dan mahasiswa dikarenakan fleksibilitas ruang dan waktu yang ditawarkan oleh pembelajaran online. Namun dengan kesenjangan teknologi dalam masyarakat akan timbul kecemasan dari mahasiswa apabila berhadapan dengan teknologi maupun dengan lingkungan belajar yang baru. Kelas terbalik merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan tingkat kualitas belajar para mahasiswa. Skripsi ini membahas model kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran kelas terbalik, yang diasumsikan bahwa kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh online learning anxiety dan hasil evaluasi metode pembelajaran flipped classroom. Partial Least Square Structural Equation Modeling(PLS-SEM) merupakan alat statisik yang digunakan untuk membuat dan menguji suatu model. Namun dengan kekurangan dalam mengatasi outlier dan non-linearitas data akan memberikan hasil prediksi yang kurang baik, maka dari itu digunakan sistem jaringan saraf buatan untuk mengatasi permasalahan outlier dan non-linearitas data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Artificial Neural Network(ANN) tidak maksimal dalam memprediksi lebih lanjut dengan perbandingan PLS-SEM dan ANN sebesar 0.164 dan 0.2563, hal tersebut disebabkan karena variabel kecemasan belajar online kurang signifikan dalam memprediksi variabel lainnya, hal ini disebabkan kurangnya pengujian alat ukur pada pengumpulan data, yang menyebabkan kedua metode mendapatkan hasil yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partial Least Square; Structural Equation Modeling; Artificial Neural Network; Student Satisfaction Model; Online Learning Anxiety |
Subjects: | Applied mathematics > Statistical Mathematics Applied mathematics > Programming Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika |
Depositing User: | Muhammad Alfi Hadriza Pranoto |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 05:38 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 05:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98370 |
Actions (login required)
View Item |