Dewi, Yulya Nur Rohmah (2024) Pengaruh program Sekolah Keluarga Puspaga pada keharmonisan keluarga Di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover (1).pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi (1).pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
Abstract
Banyaknya keluarga di Kota Bandung yang menghadapi tantangan dalam menjaga keharmonisan, baik karena masalah ekonomi, konflik interpersonal, maupun kurangnya pengetahuan tentang pentingnya keluarga harmonis. Untuk mengatasi permasalahan ini, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) telah menginisiasi Program Sekolah Keluarga Puspaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh program sekolah keluarga pada keharmonisan keluarga di kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada teori Paul & Beavin (2022) tentang komunikasi keluarga dan teori Ainiyah, (2018) tentang keharmonisan keluarga. Kedua teori ini mengungkapkan aspek-aspek yang melandasi komunikasi keluarga dan keharmonisan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan dan dampak dari suau program, kebijakan, atau proyek ketika sudah mengikuti kegiatan program sekolah keluarga. Adapun Teknik yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan instrumen penelitian (kuesioner) dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari program sekolah keluarga ini kepada masyarakat dengan kriteria keluarga neklus (hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak), dilihat dari uji reliabilitas terdapat jumlah nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.95 dari 18 item pernyataan. Serta uji normalitas nilai signifikansi pada Pretest sebesar 0,58 dan nilai signfikansi dari Postest sebesar 0,362 yang mana berdistribusi normal. Serta uji-T nilai signifikansi sebesar 0.003 < α (0.05) yang mana ini dinyatakan jika H1 diterim dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa program sekolah keluarga memberikan pengaruh positif terhadap keharmonisan keluarga di kota Bandung. Serta melalui program sekolah keluarga ini dapat membantu mengurangi angka perceraian di kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Sekolah Keluarga; Keharmonisan Keluarga; Kota Bandung |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Yulya YLY Nur |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:37 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98455 |
Actions (login required)
View Item |