Zamzami, Eza Aisah (2024) Penerapan model Real Engagement in Active Problem Solving berbantuan media liveworksheets untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS) berbantuan media Liveworksheets dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis di SMAN 9 Garut. Latar belakang penelitian ini berakar dari tantangan abad 21, yang menuntut kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, di mana studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 9 Garut masih tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengusulkan penerapan model REAPS pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design yang melibatkan dua kelompok eksperimen (eksperimen ganda). Kelompok eksperimen I menerapkan model pembelajaran REAPS, sedangkan kelompok eksperimen II menerapkan model pembelajaran PBL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa Lembar Observasi (LO) dan tes kemampuan pemecahan masalah yang disusun berdasarkan indikator yang dikemukakan oleh Docktor dan Heller. Teknik analisis data mencakup uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji hipotesis menggunakan independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada kedua model pembelajaran berada pada kategori sangat baik, dengan nilai N-Gain sebesar 0,76 untuk kelas yang menggunakan REAPS, dan 0,72 untuk kelas yang menggunakan PBL, yang keduanya memiliki interpretasi tinggi. Uji independent sample t-test mengindikasikan terdapat perbedaan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II (nilai signifikansi 0,003 < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran REAPS berbantuan media Liveworksheets terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dibandingkan model PBL.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS); Problem Based Learning (PBL),; Kemampuan Pemecahan Masalah; Fluida Dinamis, Liveworksheets. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zamzami Eza Aisah |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98508 |
Actions (login required)
View Item |