Wulandini, Okti Zulfa (2024) Kemampuan literasi lingkungan melalui pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada materi ekologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan literasi lingkungan memiliki dampak besar pada keberhasilan belajar dan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi lingkungan melalui pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada materi ekologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terlaksana baik (84%). Baiknya kualitas pembelajaran yang dilakukan ini direspon baik oleh siswa yang memperoleh persentase sebesar 79%. Aktivitas siswa memperoleh persentase dengan kategori baik (85%). Hasil assesment produk eco-enzym memperoleh rata-rata 93 dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas siswa dan guru, assesment produk eco-enzym serta respon terhadap pembelajaran berefek pada peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa pada taraf sedang (0,51). Hasil uji t’ juga menunjukkan sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka dari itu H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya terdapat perbedaan literasi lingkungan pada pembelajaran materi ekologi dengan dan tanpa pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Dengan hasil yang menunjukkan perbedaan signifikan antara pembelajaran dengan dan tanpa pendekatan SETS, hal ini mengindikasikan bahwa integrasi pendekatan ini dalam kurikulum dapat memperbaiki pemahaman siswa tentang isu-isu lingkungan dan meningkatkan kemampuan literasi mereka dalam konteks ekologi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Lingkungan, Pendekatan Science; Environment;Technology; and Society (SETS); Ekologi |
Subjects: | Education, Research Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Okti Zulfa |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:42 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98510 |
Actions (login required)
View Item |