Fitrianingsih, Siti Elya (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality dengan unity dan vuforia untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi alat-alat optik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality dengan unity dan vuforia untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi alat-alat optik. Masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality, 2) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality, dan 3) Bagaimana peningkatan literasi sains peserta didik pada materi alat-alat optik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Kelayakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality, dan 3) Peningkatan literasi sains pada peserta didik pada materi alat-alat optik. Pendekatan penelitian ini menggunakan mix-methods dengan metode penelitian Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality yang layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media menggunakan teknik gregory mendapatkan kriteria tabulasi D yang diinterpretasikan sebagai validitas isi yang sangat tinggi; 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality selama tiga pertemuan menggunakan lembar observasi dengan persentase rata-rata 91%; 3) Peningkatan literasi peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality berada dalam kategori tinggi dengan nilai n-gain sebesar 0,72.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi augmented reality; unity; vuforia; alat-alat optik; literasi sains |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Elya Fitrianingsih |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98536 |
Actions (login required)
View Item |