Penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Every One is a Teacher Here dalam meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Plus Arafah

Salsabila, Adela (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Every One is a Teacher Here dalam meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Plus Arafah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dengan kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS, karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model yang digunakan tidak memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang interaktif, salah satunya yaitu model pembelajaran Every One is A Teacher Here (ETH) agar siswa dapat memahami pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep sebelum menggunakan model ETH adalah rendah, karena terdapat lima siswa yang tuntas (59,16) dan nilai ketuntasan klasikal 20,38%. Penerapan model ETH dilaksanakan dengan baik, hal tersebut di lihat dari aktivitas guru 69%, dan belum terlaksana 31%. Hasil aktivitas siswa 60% terlaksana dan 40% belum terlaksana. Siklus I tindakan II hasil aktivitas guru 84,6% dan 15,4% belum terlaksana. Hasil aktivitas siswa yang terlaksana 68% dan 32% belum terlaksana. Berdasarkan hasil data tersebut hasil observasi guru dan siswa belum maksimal. Pada siklus II tindakan I hasil aktivitas guru terlaksana 92,4% dan 7,6% belum terlaksana, Hasil aktivitas siswa terlaksana 77% dan 23% belum terlaksana. Pada siklus II tindakan II aktivitas guru terlaksana 92,4% dan 7,6% belum terlaksana, Hasil aktivitas siswa 85% dan 15% belum terlaksana. Maka, penerapan model ETH dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran ETH, Masyarakat yang beradab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep; Model Pembelajaran ETH; Masyarakat yang beradab
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adela Salsabila
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:29
Last Modified: 17 Sep 2024 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98570

Actions (login required)

View Item View Item