Salsabila, Adela (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Every One is a Teacher Here dalam meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Plus Arafah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dengan kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS, karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Model yang digunakan tidak memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan model pembelajaran yang interaktif, salah satunya yaitu model pembelajaran Every One is A Teacher Here (ETH) agar siswa dapat memahami pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep sebelum menggunakan model ETH adalah rendah, karena terdapat lima siswa yang tuntas (59,16) dan nilai ketuntasan klasikal 20,38%. Penerapan model ETH dilaksanakan dengan baik, hal tersebut di lihat dari aktivitas guru 69%, dan belum terlaksana 31%. Hasil aktivitas siswa 60% terlaksana dan 40% belum terlaksana. Siklus I tindakan II hasil aktivitas guru 84,6% dan 15,4% belum terlaksana. Hasil aktivitas siswa yang terlaksana 68% dan 32% belum terlaksana. Berdasarkan hasil data tersebut hasil observasi guru dan siswa belum maksimal. Pada siklus II tindakan I hasil aktivitas guru terlaksana 92,4% dan 7,6% belum terlaksana, Hasil aktivitas siswa terlaksana 77% dan 23% belum terlaksana. Pada siklus II tindakan II aktivitas guru terlaksana 92,4% dan 7,6% belum terlaksana, Hasil aktivitas siswa 85% dan 15% belum terlaksana. Maka, penerapan model ETH dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran ETH, Masyarakat yang beradab
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep; Model Pembelajaran ETH; Masyarakat yang beradab |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Adela Salsabila |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:29 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98570 |
Actions (login required)
View Item |