Aprilia, Selvia (2024) Pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Nurul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftarisi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab1.pdf Download (636kB) | Preview |
|
Text
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
||
Text
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
||
Text
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Nurul Falah ” Skripsi, Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2024.Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di sekolah MI Nurul Falah, berdasarkan dari hasil wawancara waktu penelitian dan observasi menunjukkan bahwa hasil belajar dan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat kurang. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya kemampuan kognitif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah dengan menerapkan media Wordwall.Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan media Wordwall, 2) untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan media LKS, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media Wordwall dan media LKS dan 4) untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang menggunakan prosedur statistik dan menggunakan teori objektif. Metode yang peneliti gunakan adalah kuasi eksperimen, atau eksperimen semu, dan menggunakan desain Kontrol Group Pre- test Post-test Nonequivalent. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Nurul Falah Kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2024/2025. Sampel yang diambil adalah kelas IV A, dan kelas IV Bahasa indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik mengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independentt-test dengan taraf signifikasi 5% dengan hipotesis terdapat pengaruh media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian diperoleh bahwa: hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah mengikuti media Wordwall mengalami peningkatan sebesar 0,70 dengan kategori sedang. hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah mengikuti media LKS memperoleh peningkatan sebesar 0,35 dengan kategori rendah. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t- independent. Hasilnya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dibagi dua yaitu 0,000. Hal ini berarti 0,000 < 0,05 hipotesis diterima dan perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah mengikuti media Wordwall lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan media LKS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Wordwall; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | Econmics > Systems, School and Theories of Economic Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Selvia Aprilia Aprilia |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:23 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98649 |
Actions (login required)
View Item |