Ekasari, Dewi (2003) Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi kognitif siswa pada pembelajaran biologi sub konsep virus dan bakteri: Penelitian terhadap siswa kelas 1 MAN 1 Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu proses kognitif atau tindakan mental untuk memperoleh pengetahuan dengan menekankan pada proses berpikir secara logis dan analitis. Kemampuan berpikir kritis diarahkan pada kemampuan mengklasifikasikan, menginterpretasikan gambar, menggambarkan, menyimpulkan, menggunakan fakta serta prinsip dalam situasi baru. Penelitran ini bertolak dari fenomena yang muncul di MAN 1 Bekasi. Pada umumnya siswa di madrasah tersebut kesulitan untuk mengembangkan kemampuan mengklasifikasikan menginterpretasikan gambar, menggambarkan, menyimpulkan, menggunakan fakta serta prinsip dalam situasi baru dalam proses pembelajaran Oleh karena itu mereka tidak terlibat secara aktif mengikuti proses belajar yang akhirnya dapat mengakibatkan terhambatnya kemampuan berpikir kritis, dan pencapaian prestasi kognitifnya pada pembelajaran biologi Dari fenomena tersebut timbulah permasalahan inti yang perlu diteliti, yaitu Bagaimanakah kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi ? Bagaimanakah prestasi kognitif siswa pada pembelajaran biologi ? Bagaimanakah hubungan antar. keduanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi sub konsep virus dan bakteri, prestasi kognitif siswa pada pembelajaran biologi sub konsep virus dan bakteri, dan hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan berpikir kritis dapat mempengaruhi prestasi kognitif siswa pada pembelajaran biologi sub konsep virus dan bakteri Dari asumsi tersebut dapat dikemukakan hipotesis, jika kemampuan berpikir kritis siswa baik, maka baik pula prestasi kognitif mereka pada pembelaaran biologi sub konsep virus dan bakteri Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan studi kepustakaan melalui pendekatan analisis korelasioner Hasli penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada taraf nyata 5 % antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi kognitif siswa pada pembelajaran biologi sub konsep virus dan bakteri, dengan koefisien korelasi rank sebesar 0,43 dengan kategori sedang serta hasil analisis uji signifikansi yaitu 3,01 > 2,02. Adapun kadar pengaruh antara kemampuan berpikir kritis prestasi kognitif siswa pada pembelajaran biologi sub konsep virus dan bakteri sebesar 18,49% dan sebagian besar (8 1 ,51% ) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Biologi; Virus; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98760 |
Actions (login required)
View Item |