Rustandi, Putra Dimas (2024) Pesan moral foto jurnalistik pada website Photo's Speak: Analisis semiotika Rolan Barthes foto cerita “Redup Yang Kembali Terang” dalam website Photo’s Speak edisi 18 Mei 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tentang foto cerita “Redup Yang Kembali Terang” karya Zenitha Jaya Az-Zahra yang dimuat dalam website Photo’s Speak. Foto cerita yaitu sebuah jenis fotografi yang bercerita secara visual yang disampaikan melalui foto yang biasa disebut dengan photo story. Tujuannya untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam foto cerita “Redup Yang Kembali Terang” karya Zenitha Jaya Az-Zahra yang dimuat dalam website Photo’s Speak. Penelitian ini menggunakan teori dari Rolan Barthes (1985). Selain itu penelitian ini menggunakan paradigma kritis, berfokus pada kekuatan media massa yang dipahami memiliki hubungan dengan masyarakat dan dominasi kepentingan tertentu terhadap yang lainnya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif agar bisa menganalisa lebih dalam dan detail. Dari hasil penelitian ini ditemukan tiga makna sesuai dengan teori Rolan Barthes (1985). Pertama, secara denotatif foto cerita “Redup Yang Kembali Terang” menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Sindy pengidap anxiety disorder yang terpuruk semenjak ayahnya tiada. Kedua, secara konotatif, dalam foto cerita ini menampilkan banyak makna yang implisit, tidak langsung dan sering kali dipengaruhi oleh perasaan, emosi, budaya dan pengalaman pribadi yang terikat dengan objek atau subjek dalam gambar atau teks. Ketiga, secara mitos dalam foto ini mengingatkan kita bahwa kesedihan bukan akhir dari segalanya. Selain itu, foto ini juga menyentuh mitos tentang harapan di balik penderitaan, dengan menggambarkan bahwa di tengah kegelapan dan kesedihan, ada cahaya kecil yang bisa menjadi simbol harapan dan pemulihan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Foto Jurnalistik; Foto Cerita; Makna; Denotatif; Konotatif; Mitos |
Subjects: | Ethics, Moral Philosophy Photographs |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Putra Dimas R Rustandi |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98762 |
Actions (login required)
View Item |