Agustin, Putri Maulida (2024) Pengaruh komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di kelas V. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
Abstract
Penelitian ini, dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di MI Nurul Falah Kabupaten Sumedang, berdasarkan hasil wawancara dan observasi masih banyak siswa yang memiliki keterlambatan dalam memahami materi, saat pemberian tugas untuk di rumah siswa seringkali memanfaatkan gadget untuk mencari jawaban tidak dibantu oleh orang tua karena perkembangan digital pada jaman sekarang siswa seringkali memanfaatkan teknologi untuk mencari jawaban materi tanpa pendampingan orang tua. Tujuan penelitian yang peneliti rumuskan adalah 1) Bagaimana komunikasi interpersonal orang tua dan anak di MI Nurul Falah Kabupaten Sumedang, 2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Falah Kabupaten Sumedang, 3) Apakah terdapat pengaruh dari komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap prestasi belajar peserta didik di Nurul Falah Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasari dengan pemikiran bahwa komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak sangatlah penting dalam hal Pendidikan salah satunya tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar pada anak di sekolah. Hal ini membuat peneliti ingin melakukan penelitian tentang apakah komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi nya. Pendekatan dan metode penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dengan metode korelasi, Penelitian ini diperoleh dari 25 responden dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, yang mencakup 1) uji normalitas, 2) uji linearitas, 3) uji hipotesis secara parsial (uji t), dan 4) uji korelasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa kedua variabel berdistribusi normal, dinyatakan linear, namun kedua variabel tidak saling berpengaruh dan tidak memiliki hubungan. Hasil dari penelitian ini bahwa komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak ada pada kategori sedang dengan kategori 36% dan prestasi belajar ada pada kategori sangat rendah dengan kategori 32%. Dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan Uji T Parsial bahwa terdapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y, karena memperoleh nilai Thitung 2,372 < Ttabel 0,396 dan nilai sig 0,026 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di Kelas V MI Nurul Falah Jatinangor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal; prestasi belajar |
Subjects: | Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Putri Maulida Agustin |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 04:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 04:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98763 |
Actions (login required)
View Item |