Penentuan nilai premi model risiko klaim pada asuransi nelayan dengan metode bayesian menggunakan distribusi prior konjugat

Nurhalimah, Resa (2024) Penentuan nilai premi model risiko klaim pada asuransi nelayan dengan metode bayesian menggunakan distribusi prior konjugat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dafus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Nelayan adalah individu atau kelompok yang melakukan kegiatan penangkapan ikan (capture fisheries) dan biota laut lainnya sebagai mata pencaharian utama. Kegiatan ini mencakup berbagai aktivitas mulai dari persiapan, penangkapan, hingga penjualan hasil tangkap yang memiliki risiko yang tinggi. Risiko yang dihadapi nelayan yaitu meliputi kondisi cuaca, fluktuasi harga, dan perkembangan teknologi. Risiko-risiko ini dapat berdampak signifikan pada pendapatan nelayan. Salah satu upaya untuk meminimalisir dari risiko tersebut adalah melalui penggunaan asuransi. Asuransi dapat membantu mencakup berbagai kebutuhan nelayan, seperti kecelakaan kerja, kesehatan dan kematian akibat pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan penentuan harga premi bagi nelayan. Penentuan harga premi memerlukan data tentang frekuensi klaim dan severity of claims. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan dalam memodelkan risiko klaim, yaitu frekuensi klaim dan severity of claims, di mana frekuensi klaim dimodelkan dengan distribusi diskrit yaitu distribusi Poisson dan severity of claims dimodelkan dengan distribusi kontinu yaitu distribusi Gamma. Estimasi parameter dilakukan menggunakan Metode Bayesian dengan distribusi prior konjugat untuk memastikan kesesuaian model, kemudahan perhitungan analitik, serta konsistensi bentuk distribusi posterior, sehingga menghasilkan estimasi yang lebih stabil. Hasil estimasi parameter model frekuensi klaim dan severity of claims digunakan untuk menentukan ekspektasi dan variansi dari frekuensi klaim dan severity of claims. Ekspektasi dan variansi ini kemudian digunakan dalam model risiko kolektif untuk menghitung premi asuransi menggunakan prinsip ekspektasi dan standar deviasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, nilai ekspektasi dari model risiko kolektif menunjukkan bahwa premi asuransi yang dihitung menghasilkan taksiran premi yang sesuai dengan nilai premi aslinya. Maka Metode Bayesian dengan distribusi prior konjugat terbukti tepat digunakan dalam penelitian ini, karena memberikan hasil yang akurat, stabil, dan mempermudah proses perhitungan proses perhitungan analitik dibuktikan dengan simulasi yang dilakukan sebanyak seribu kali sehingga menghasilkan taksiran parameter yang stabil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Distribusi Poisson; istribusi Gamma; metode Bayesian; model risiko kolektif; perhitungan premi
Subjects: Insurance > Claims Insurance
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Resa Nurhalimah
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:36
Last Modified: 19 Sep 2024 02:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98821

Actions (login required)

View Item View Item