Suryati, Deti (2024) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan media jellyfish hunt. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Musdariyah, berdasarkan hasil wawancara waktu penelitian dan observasi menunjukkan bahwa kurangnya penggunaan media pembelajaran seperti media pembelajaran jellyfish hunt. Hal tersebut dapat mempengaruhi kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yang peneliti telah rumuskan adalah 1) Untuk mengetahui kelayakan penerapan media pembelajaran jellyfish hunt digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas II MI Al-Musdariyah, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan media jellyfish hunt di kelas II MI Al-Musdariyah, 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media jellyfish hunt di kelas II MI Al-Musdariyah, 4) Untuk mengetahui terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan media jellyfish hunt Penelitian ini didasari dengan pemikiran bahwa jika seorang Guru memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran yang tinggi maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat peneliti ingin meneliti apakah benar bahwa penerapan media pembelajaran jellyfish hunt dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini diperoleh dari 33 orang responden dengan metode yang digunakan berupa kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan inferensial, yang mencakup, 1) uji normalitas, 2) uji linearitas, dan 3) uji korelasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kedua variabel dinyatakan berdistribusi normal, kedua variabel dinyatakan linear, kemudian kedua variabel saling berpengaruh dan memiliki hubungan. Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan adanya hubungan positif, antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan media jellyfish hunt di kelas II MI Al-Musdariyah. Hubungan yang terdapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar berarti semakin tinggi pula tingkat hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; Hasil belajar; Kelayakan media jellyfish hunt |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Deti Suryati . |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 10:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98876 |
Actions (login required)
View Item |