Analisis sentimen menggunakan RoBERTa pada ulasan pengguna aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Anggana, Tegar Levta (2024) Analisis sentimen menggunakan RoBERTa pada ulasan pengguna aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar_isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan pengguna aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menggunakan model RoBERTa. Penelitian ini menunjukkan efektivitas model berbasis transformer dalam tugas analisis sentimen. Model yang dikembangkan mencapai tingkat akurasi 98,68% pada dataset uji. Analisis lebih lanjut terhadap 42.863 ulasan aplikasi Mobile JKN menunjukkan adanya hubungan antara rating dan sentimen ulasan. Ulasan positif cenderung memiliki rating tinggi, sementara ulasan negatif cenderung memiliki rating rendah. Meskipun demikian, ditemukan beberapa ketidakkonsistenan, di mana ulasan negatif muncul pada rating tinggi dan ulasan positif pada rating rendah. Faktor-faktor seperti kesalahan pengguna dalam memberikan rating dan tantangan pemrosesan bahasa alami, seperti sarkasme, sentimen campuran, serta penggunaan idiom atau slang, diidentifikasi sebagai penyebab ketidakkonsistenan tersebut. Hasil penelitian ini memperkuat potensi penggunaan model transformer dalam analisis sentimen dan memberikan wawasan penting untuk pengembangan lebih lanjut dalam analisis ulasan aplikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen; RoBERTa; transformer; ulasan pengguna, Mobile JKN, rating aplikasi; sentimen ulasan
Subjects: Data Processing, Computer Science
Political Ethics > Duties of The State
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Tegar Levta Anggana
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:31
Last Modified: 25 Sep 2024 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99004

Actions (login required)

View Item View Item