Anugrah, Widea (2024) Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran Heuristik Vee di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
Abstract
Permasalahan ini terjadi di kelas VI C MIN 2 Kota Bandung mengenai kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti bahwasanya nilai rata-rata siswa sebesar 8% masih dibawah KKM. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya partisipasi siswa selama pembelajaran dan kurangnya kemandirian siswa dalam mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran heuristik vee, mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran heuristik vee dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada setiap siklusnya dan mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran heuristik vee pada setiap siklusnya. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan desain yang dikemukakan oleh Kurt Lewin dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada kelas VI C MIN 2 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini yaitu analisis data hasil tes menggunakan rumus ketuntasan belajar individu, nilai rata-rata, ketuntasan belajar klasikal dan analisis data hasil observasi dengan menggunakan rumus rata-rata aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran heuristik vee pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata siswa, persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa serta hasil observasi guru dan siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 39,75 dengan presentase 8% kemudian meningkat dari 59,77 dengan presentase 28% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 62,5 dengan presentase 52% pada siklus II dan lebih meningkat menjadi 77 dengan presentase 80% pada siklus III. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil rata-rata siswa mencapai ≥75 sesuai dengan KKM dan ketuntasan belajar siswa mencapai ≥ 75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran heuristik vee mampu mningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VI C MIN 2 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pembelajaran; Heuristik; Vee; Kemampuan; Pemahaman; Matematis; Siswa; Matematika |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Physics > Theories and Mathematical Physics General Management General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Widea Anugrah |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99106 |
Actions (login required)
View Item |