Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self persistence melalui pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver : Penelitian quasi eksperimen di SMP Mekar Arum

Syfa, Nur (2024) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self persistence melalui pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver : Penelitian quasi eksperimen di SMP Mekar Arum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (2).pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Siswa memerlukan kemampuan pemecahan masalah matematis untuk memahami, merencanakan, melaksanakan, dan memeriksa jawaban. Namun, kemampuan ini masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self persistence siswa melalui pembelajaran ktts dengan bantuan Microsoft Math Solver. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Mekar Arum. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari intrumen tes yang telah melewati uji validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Adapun hasil penelitian diperoleh mengungkapkan bahwa, (1) Keterlaksanaan ktts berbantuan microsoft math solver berada pada kategori baik sekali; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ktts berbantuan microsoft math solver lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ktts berbantuan microsoft math solver lebih baik daripada pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM kategori tinggi, sedang dan rendah; (4) Peningkatan sikap self persistence siswa yang memperoleh pembelajaran ktts berbantuan microsoft math solver lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan microsoft math solver efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aplikasi microsoft math solver; pembelajaran kooperatif tipe talking stick; kemampuan pemecahan masalah; self persistence
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Syfa
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:01
Last Modified: 23 Sep 2024 10:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99127

Actions (login required)

View Item View Item