Fitriannisa, Rifa (2024) Bimbingan Parenting Islami untuk meningkatkan kemampuan parenting orang tua dalam menanamkan nilai agama dan moral: Penelitian di Yayasan Pendidikan Islam Alfani Arjasari Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover wtr.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK wtr.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (780kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Secara umum penelitian ini didasari dengan adanya kasus yang sering ditemui di berbagai platform yang melibatkan anak dibawah umur guna mencegah perilaku amoral dikemudian hari seperti kekerasan seksual, perilaku bullying, tawuran dan semacamnya yang diakibatkan oleh pola asuh yang kurang tepat yang diberikan oleh orang tua sehingga berdampak pada rendahnya nilai spiritual dan moral anak. Fenomena yang terjadi dilingkungan sekolah pun seperti adanya kasus perundungan,minimnya tingkat pendidikan orang tua, serta pengabaian dari orang tua yang berdampak pada pola perilaku anak menjadi dasar utama perlu dilakukan nya bimbingan guna meningkatkan kemampuan Parenting orang tua terutama dalam menanamkan nilai agama dan moral. Penelitian ini menggunakan teori Hastuti mengenai kemampuan Parenting, yakni kemampuan mendidik dan menumbuhkan anak sejak kelahiran hingga usia dewasa. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui, Program bimbingan Parenting Islami untuk meningkatkan kemampuan Parenting orang tua dalam menenamkan nilai agama dan moral, Proses pelaksanaan bimbingan Parenting Islami, Profil atau hasil kemampuan orang tua dalam menanamkan nilai agama dan moral, Rumusan model intrinsik bimbingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yakni metode yang digunakan untuk menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung dan bersifat aktual serta memaparkan sebuah fenomena tentang suatu masalalah yang terjadi dilingkungan tersebut. Adapun yang menjadi rumusan pada program bimbingan Parenting Islami ini yakni berkenaan dengan latar belakang, tujuan, sasaran,metode, serta teknik evaluasi yang dipergunakan guna mengukur tingkat keberhasilan program . Dan berdasarkan data hasil yang diperoleh pada penelitian ini yakni kemampuan Parenting orang tua mengalami peningkatan dengan dilakukannya bimbingan, terlihat dari adanya perubah siswa dikelas terutama dalam perkembangan perilakunya serta adanya kesesuaian pola asuh yang sama antara dirumah dan disekolah. ENGLISH: There are 4 main problems in this research, namely: Planning of the Islamic Parenting Guidance Program created by the school, Implementation of Islamic Parenting Guidance, Results of the Islamic Parenting Guidance Program, and Formulation of the Islamic Parenting Guidance Program. This research was conducted at the Alfani and Alfalah Arjasari Islamic Education Foundation, Bandung Regency. This type of research is field research using descriptive qualitative analysis research methods, namely researchers observing and interacting with school principals, teachers and parents of students at YPI Alfani and Arjasari Bandung using observation, interview and documentation methods. Meanwhile, data analysis uses descriptive techniques which are implemented in three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. To determine the credibility of the data, triangulation techniques were carried out. The research results show that: (1) The planning of the Parenting guidance program was carried out by the school principal by forming a team to formulate goals, form the program, determine the implementation time, determine mentoring techniques and program evaluation. (2) The process of implementing the parenting program for parents of students at YPI Alfani and Alfalah Ajasari Bandung went smoothly even though there were several obstacles. (3) The results of implementing the Parenting program for parents are having a better understanding in educating and caring for children, especially in instilling moral and religious education, more harmonious understanding between parents and teachers in educating children and the creation of better cooperation between parents and Teacher. Meanwhile, the results for students are more independent, orderly and disciplined in studying and practicing worship. ARABIC: هناك 4 مشاكل رئيسية في هذا البحث، وهي: تخطيط برنامج الإرشاد الوالدي الإسلامي الذي أنشأته المدرسة، تنفيذ الإرشاد الوالدي الإسلامي، نتائج برنامج الإرشاد الوالدي الإسلامي، وصياغة برنامج الإرشاد الوالدي الإسلامي. تم إجراء هذا البحث في مؤسسة ألفاني والفلاح أرجاساري للتعليم الإسلامي، مقاطعة باندونغ. هذا النوع من البحث هو بحث ميداني يستخدم أساليب البحث الوصفي والتحليل النوعي، أي الباحثون الذين يراقبون ويتفاعلون مع مديري المدارس والمعلمين وأولياء أمور الطلاب في YPI Alfani وAlfalah Arjasari Bandung باستخدام أساليب الملاحظة والمقابلات والتوثيق. وفي الوقت نفسه، يستخدم تحليل البيانات تقنيات وصفية يتم تنفيذها على ثلاث مراحل، وهي تقليل البيانات وعرض البيانات واستخلاص النتائج. ولتحديد مصداقية البيانات، تم تنفيذ تقنيات التثليث. أظهرت نتائج البحث أن: (1) تم تخطيط برنامج الإرشاد الوالدي من قبل مدير المدرسة من خلال تشكيل فريق لصياغة الأهداف، وتشكيل البرنامج، وتحديد وقت التنفيذ، وتحديد تقنيات الإرشاد وتقييم البرنامج. (2) تمت عملية تنفيذ برنامج الأبوة والأمومة لأولياء أمور الطلاب في YPI Alfani وAlfalah Ajasari Bandung بسلاسة على الرغم من وجود العديد من العقبات. (3) نتائج تنفيذ برنامج التربية الوالدية للآباء هي الحصول على فهم أفضل في تعليم ورعاية الأطفال، وخاصة في غرس التربية الأخلاقية والدينية، وفهم أكثر انسجاما بين الآباء والمعلمين في تعليم الأطفال وخلق تعاون أفضل بين الوالدين والمعلم. وفي الوقت نفسه، كانت النتائج للطلاب أكثر استقلالية وانتظامًا وانضباطًا في الدراسة وممارسة العبادة.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Parenting Islami: Orang tua; Nilai Agama dan Moral |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rifa Fitriannisa Rifa |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:40 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99369 |
Actions (login required)
View Item |