Penerapan pembelajaran berbasis proyek menggunakan Modular Science KIT pada materi indikator alami Asam Basa untuk mengembangkan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics)

Surgani, Ai Nena (2024) Penerapan pembelajaran berbasis proyek menggunakan Modular Science KIT pada materi indikator alami Asam Basa untuk mengembangkan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB I)
4_Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Sistem pembelajaran generasi gen Z umumnya berbasis teknologi, sehingga dibutuhkan keterampilan dalam aspek teknologi, matematika, rekayasa dan sains agar mampu mengimbangi perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek dan mendeskripsikan hasil analisis setiap aspek STEM setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek menggunakan modular science KIT. Untuk dapat mendeskripsikan tujuan tersebut diterapkan pembelajaran berbasis proyek dengan tahap menganalisis masalah sebagai keterampilan science, tahap mendesain proyek sebagai keterampilan engineering, tahap melaksanakan percobaan sebagai keterampilan technology, tahap menyusun draft/prototype produk sebagai keterampilan mathematics dan science, serta tahap finalisasi produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain one shot case study. Subjek penelitian dilakukan pada siswa SMA Muhammadiyah 4 Bandung, kelas XI IPA 3, pada materi indikator alami asam basa. Hasil analisisis aktivitas pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan persentase tertinggi pada tahap finalisasi produk sebesar 96% dengan kriteria sangat baik dan pada tahap melaksanakan percobaan sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase terkecil terjadi pada tahap menilai produk dengan persentase sebesar 72% dengan kriteria baik. Hasil analisis kemampuan aspek science menunjukkan nilai rata-rata sebesar 72 dengan kriteria baik, aspek technology sebesar 80 dengan kriteria sangat baik, aspek engineering sebesar 87 dengan kriteria sangat baik dan aspek mathematics sebesar 84 dengan kriteria sangat baik, sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 81 dengan kritera sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan aspek STEM berkembang dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek; STEM; indikator alami; asam basa; modular science KIT
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ai Nena Surgani
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:21
Last Modified: 26 Sep 2024 03:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99414

Actions (login required)

View Item View Item