Penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbasis Educandy untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan Self Efficacy

Salsabila, Rifa (2024) Penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbasis Educandy untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan Self Efficacy. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting pada saat pembelajaran matematika, selain itu Self Efficacy juga berperan sangat penting untuk membangun rasa kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Akan tetapi pada studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti kemampuan representasi tergolong rendah, sedangkan untuk Self Efficacy tergolong sedang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbasis aplikasi Educandy lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) untuk mengetahui pencapaian kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbasis aplikasi Educandy lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan ialah tes dan angket skala sikap yang telah dianalisis. Hasil penelitian yang didapat yaitu, a) Peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning mengalami peningkatan terhadap kemampuan representasi matematis; b) Pencapaian kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Educandy lebih baik dari pada kelas yang menggunakan model konvesional; c) Self Efficacy peserta didik pada kelas dengan pendekatan Game Based Learning berbantuan Educandy memiliki repon positif. Saran untuk penelitian selanjutnya yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning ada baiknya untuk lebih mencari aplikasi permainan yang menarik perhatian siswa pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Self Efficacy; Game Based Learning.
Subjects: Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rifa Salsabila
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:15
Last Modified: 27 Sep 2024 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99486

Actions (login required)

View Item View Item