Pengaruh reputasi sekolah terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan : Penelitian di SMP IT Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Laudia, Tisya Sundari (2024) Pengaruh reputasi sekolah terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan : Penelitian di SMP IT Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan di Indonesia, baik negeri maupun swasta, menghadapi tantangan besar dalam persaingan yang semakin ketat. Persaingan di antara sekolah swasta dan negeri semakin meningkat seiring dengan adanya pertumbuhan jumlah sekolah di Indonesia. Laporan dari Dapodikdasmen yang diakses pada 19 Agustus 2024 tercantum 437.630 unit sekolah sudah terdaftar pada tahun ajaran ganjil tahun 2023/2024, pada tahun selanjutnya 2023/2024 terdapat 439.960 unit sekolah. Pada 1 tahun terdapat 2.330 sekolah baru yang terdaftar di Indonesia. Ini memperlihatkan dengan terus adanya pertumbuhan penyebaran sekolah di Indonesia dari tahun ke tahun.Penurunan jumlah peserta didik di SMP IT Kecamatan Panyileukan menunjukkan dampak negatif dari kompetisi ini, dengan banyak siswa lebih memilih sekolah negeri yang baru berdiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana reputasi sekolah swasta dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam melanjutkan pendidikan, serta untuk merumuskan strategi yang dapat membantu sekolah swasta tetap bersaing dalam menghadapi kebijakan pendidikan dan dinamika pasar pendidikan saat ini. Adapun tujuan penelitiannya yaitu: 1) Untuk mengidentitikasi Reputasi Sekolah pada SMP IT di Kecamatan Panyileukan; 2) Untuk mengidentifikasi Reputasi Sekolah dalam Minat Peserta Didik Melanjutkan Pendidikan pada SMP IT di Kecamatan Panyileukan; 3) Untuk menganalisis Pengaruh Reputasi Sekolah terhadap Minat Peserta Didik Melanjutkan Pendidikan pada SMP IT di Kecamatan Panyileukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode exfacto. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 112 responden. Analisis data yang dilakukan berpa uji instrumen (uji validitas dan uji realibilitas), analisis statistik ex post facto, analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), serta uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji T, uji koefisien determinasi). Hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa reputasi sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan. Dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, serta nilai t_hitung > t_hitung sebesar 14,223 > 1,981, hipotesis diterima dan menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan. Uji koefisien determinasi mengungkapkan bahwa reputasi sekolah mempengaruhi minat peserta didik sebesar 64,8% sedangkan 35,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reputasi Sekolah; Minat Peserta Didik; Melanjutkan Pendidikan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tisya Sundari Laudia
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:35
Last Modified: 30 Sep 2024 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99523

Actions (login required)

View Item View Item