Nazilah, Shina Nureni (2024) Komunikasi persuasif KH Muslim Mubarok dalam membina kualitas Akhlak Santri :Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Majidiyah Sumedang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1-COVER.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text (BAB III)
6-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini penting dilakukan karena komunikasi persuasif berperan krusial dalam pembentukan akhlak santri di pondok pesantren, terutama di era modern yang penuh dengan tantangan dari pengaruh eksternal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan jawaban yang jelas mengenai komunikasi persuasif KH. Muslim Mubarok dalam membina kualitas akhlak santri dan memberikan konstribusi yang signifikan terhadap pengembangan kajian ilmu komunikasi dalam dunia pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses, perubahan sikap serta faktor apa saja yang dapat mempengaruhi komunikasi persuasif KH Muslim Mubarok dalam membina kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Majidiyah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sikap (attitude change theory) Carl Hovland tahun 1950-an dan 1960-an, yang menjelaskan bagaimana pesan persuasif dapat mengubah cara berfikir dan bertindak seseorang. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu melalui observasi, teknik ini dilakukan untuk mengamati serta melakukan pencatatan secara langsung mengenai proses komunikasi, selanjutnya teknik wawancara yang dilakukan kepada informan dalam penelitian ini berarti Santri, Pengurus dan Pimpinan Pondok Pesantren. Terakhir teknik dokumentasi melalui foto, video kegiatan sehari-hari dan rekaman suara ketika proses wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode tracking dan story telling yang digunakan oleh KH. Muslim Mubarok dalam proses komunikasi persuasif terbukti efektif dalam membina kualitas akhlak santri. Karakteristik dan cara berkomunikasi KH. Muslim Mubarok sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap santri dan KH. Muslim Mubarok berhasil menjadi suri tauladan bagi para santri. Faktor eksternal yang datang dari peran orang tua dan para pengajar mementukan keberhasilan komunikasi persuasif yang digunakan KH. Muslim Mubarok dalam membina akhlak santri. Implikasi yang muncul secara sosial yaitu hasil dari pembinaan akhlak santri yang berdampak positif pada relasi sosial mereka di masa depan. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berdampak pada peningkatan kualitas moral individu, tetapi juga pada penguatan peran institusi pendidikan agama dan pembangunan masyarakat yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi persuasif; pembinaan santri; pondok pesantren |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Nazilah Shina Nureni |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99676 |
Actions (login required)
View Item |