Hubungan kompetensi manajerial Kepala Madrasah dengan efektivitas pembelajaran Guru

Setiadi, Muhamad Rizal (2024) Hubungan kompetensi manajerial Kepala Madrasah dengan efektivitas pembelajaran Guru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Mutu proses pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh sinergisnya proses interaksi antara faktor-faktor kompetensi guru dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap efektivitas pembelajaran guru. Kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang dapat mengelola sumber daya yang ada di lembaga pendidikan, khususnya kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Realita di lapangan, masih terdapat guru yang melanggar peraturan yang menyangkut kedisiplinan. Oleh karena itu, pembelajaran dapat efektif apabila guru dapat menerapkan kedisiplinan, serta peran kepala sekolah dalam mengelola program yang menyangkut pembelajaran guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung; (2) Untuk Mengetahui Efektivitas Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung; (3) Untuk Menganalisis Hubungan Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah dengan Efektivitas Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang dibagikan kepada 56 responden. Adapun Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui tahapan uji instrument (validitas, reabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji normalitas data, uji lineritas, uji korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y, maka diperoleh angka koefiesien korelasi sebesar 0,600, termasuk dalam kategori 0,60 – 0,79 artinya terdapat hubungan cukup besar atau cukup kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran guru diperoleh 0,00 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika kompetensi manajerial kepala sekolah semakin ditingkatkan maka efektivitas pembelajaran guru akan meningkat. Adapun kontribusi variabel X dengan Variabel Y sebesar 36%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Manajerial; Efektivitas Pembelajaran; Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Rizal Setiadi
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:36
Last Modified: 01 Oct 2024 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99701

Actions (login required)

View Item View Item