Setiadi, Muhamad Rizal (2024) Hubungan kompetensi manajerial Kepala Madrasah dengan efektivitas pembelajaran Guru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Mutu proses pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh sinergisnya proses interaksi antara faktor-faktor kompetensi guru dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap efektivitas pembelajaran guru. Kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang dapat mengelola sumber daya yang ada di lembaga pendidikan, khususnya kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Realita di lapangan, masih terdapat guru yang melanggar peraturan yang menyangkut kedisiplinan. Oleh karena itu, pembelajaran dapat efektif apabila guru dapat menerapkan kedisiplinan, serta peran kepala sekolah dalam mengelola program yang menyangkut pembelajaran guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung; (2) Untuk Mengetahui Efektivitas Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung; (3) Untuk Menganalisis Hubungan Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah dengan Efektivitas Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang dibagikan kepada 56 responden. Adapun Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui tahapan uji instrument (validitas, reabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji normalitas data, uji lineritas, uji korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y, maka diperoleh angka koefiesien korelasi sebesar 0,600, termasuk dalam kategori 0,60 – 0,79 artinya terdapat hubungan cukup besar atau cukup kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran guru. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas pembelajaran guru diperoleh 0,00 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika kompetensi manajerial kepala sekolah semakin ditingkatkan maka efektivitas pembelajaran guru akan meningkat. Adapun kontribusi variabel X dengan Variabel Y sebesar 36%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Manajerial; Efektivitas Pembelajaran; Guru |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management > Personnel Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhamad Rizal Setiadi |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99701 |
Actions (login required)
View Item |