Pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Inovasi Teknologi Biologi

Khaerunnisa, Siti (2024) Pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Inovasi Teknologi Biologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap KPS pada materi inovasi teknologi biologi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal berindikator KPS, dan angket kendala siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria sangat baik. Pada kelas dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw nilai pretest 41,1 dan posttest 86,1. Sedangkan kelas tanpa model Cooperative Learning tipe Jigsaw nilai pretest 38,1 dan posttest 65,4. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap KPS siswa dengan Sig. 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, data tersebut diperkuat oleh nilai effect size sebesar 0,9 yang menunjukkan kategori berpengaruh besar. Respon siswa terhadap model Cooperative Learning tipe Jigsaw memperoleh hasil yang baik dengan persentase 89%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap KPS siswa pada materi inovasi teknologi biologi. Penelitian ini dapat dijadikan referensi variasi model pembelajaran sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe jigsaw; inovasi teknologi biologi; keterampilan proses sains;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Khaerunnisa
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:42
Last Modified: 01 Oct 2024 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99715

Actions (login required)

View Item View Item