Arfah, Nasya (2024) Hubungan antara permainan Tiny Puzzle dengan kemampuan klasifikasi anak usia dini : Penelitian korelasi di kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER .pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
Abstract
Hal yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu dikarenakan terdapat beberapa anak di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung yang kemampuan klasifikasinya belum berkembang dengan baik, ditandai dengan anak belum bisa mengklasifikasikan benda sesuai ukuran dengan baik, anak belum bisa mengklasifikasikan benda sesuai bentuk dengan baik, anak belum bisa mengklasifikasikan benda sesuai warna dengan baik. Karena fenomena tersebut maka dilakukan penelitian untuk mencari hubungan antara permainan Tiny Puzzle dengan kemampuan klasifikasi anak usia dini di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) permainan Tiny Puzzle di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung, 2) kemampuan klasifikasi anak usia dini di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung, dan 3) hubungan antara permainan Tiny Puzzle dengan kemampuan klasifikasi anak usia dini di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Kemampuan klasifikasi ditandai dengan anak mampu mengklasifikasikan benda sesuai kriteria masing-masing bendar tersebut seperti, klasifikasi sesuai ukuran, klasifikasi sesuai bentuk, dan klasifikasi sesuai warna. Cara pengembangannya dapat dilakukan dengan bermain salah satunya dapat dilakukan dengan media permainan Tiny Puzzle dengan berbagai macam permainan stimulasi kognitif yang tersedia. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional untuk mencari derajat hubungan hubungan antara variabel X (permainan Tiny Puzzle) dengan variabel Y (kemampuan klasifikasi) yang dilakukan pada subjek 12 orang anak di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan unjuk kerja. Kemudian dianalisis menggunakan statsistik yaitu analisis parsial item per indikator, uji normalitas, uji regresi linier, koefisien korelasi dan determinasi, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Tiny Puzzle di Kelompok B.1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung termasuk pada kategori sangat baik, begitu pula perkembangan perilaku prososial. Ada hubungan antara kedua variabel, dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,79 yang mana berada pada interval 0,600-0,799, dengan interpretasi tingkat hubungan yang kuat/ tinggi. Kemudian diperoleh nilai thitung = 4,081 dan ttabel = 2,228 dengan db = 10 pada taraf signifikasi 5%, karena thitung (4,081) > ttabel (2,228) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi yang menyatakan kebenaran korelasinya yaitu sebesar 62,41%. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara permainan Tiny Puzzle dengan kemampuan klasifikasi anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan Tiny Puzzle; kemampuan klasifikasi; pendidikan; anak usia dini; |
Subjects: | Library and Information Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Nasya Arfah |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 01:00 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99799 |
Actions (login required)
View Item |