Pengaruh beban umum dan aministrasi dan beban pemasaran terhadap laba bersih: Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Nashrulloh K, Husni Ahmad (2024) Pengaruh beban umum dan aministrasi dan beban pemasaran terhadap laba bersih: Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 -COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3 - BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
4 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
5 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB IV)
6 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya variabel yang menunjukkan besar kecilnya suatu aset perusahaan. Salah satu unsur penting tentunya perusahaan membutuhkan sumber modal yang besar agar memaksimalkan laba yang didapat. Sehingga penggunaan biaya-biaya yang efektif akan membuat perusahaan beroperasi dalam jangka waktu yang panjang dan dapat meningkatkan Laba Bersih perusahaan. Seperti yang terjadi pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk pada tahun 2021 triwulan II dan triwulan III yang dimana ketika Beban Umum dan Administrasi dan Beban Pemaaran naik maka Laba Bersih meningkat pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Beban Umum dan Administrasi secara parsial terhadap Laba Bersih. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Beban Pemasaran secara parsial terhadap Laba Bersih, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Beban Umum dan Administrasi dan Beban Pemasaran secara simultan terhadap Laba Bersih. Kerangka teori pada studi ini yang menyatakan bahwa Beban Umum dan Administrasi dan Beban Pemasaran berpengaruh terhadap Laba Bersih, artinya ketika Beban Umum dan Administrasi dan Beban Pemasaran turun, maka Laba Bersih pula turun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan triwulan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Dengan perhitungan statistika yang terdiri dari: analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis asosiatif, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji f) menggunakan aplikasi SPSS Windows versi 26 dan Microsoft Excel 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan antara Beban Umum dan Administrasi terhadap Laba Bersih secara parsial karena nilai thitung sebesar 1,123. Beban Pemasaran berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih secara parsial karena nilai thitung sebesar 4,815. Kemudian terdapat pengaruh tidak signifikan antara Beban Umum dan Administrasi dan Beban Pemasaran terhadap Laba Bersih secara simultan karena menghasilkan nilai fhitung sebesar 18,015 dan Rsquare sebesar 57,2,0%. Kata Kunci: Beban Umum dan Administrasi, Beban Pemasaran, Laba Bersih

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Beban Umum dan Administrasi; Beban Pemasaran; Laba Bersih;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Husni Ahmad Nashrullah K
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:12
Last Modified: 08 Oct 2024 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100016

Actions (login required)

View Item View Item