Implementasi pembelajaran berbasis masalah berbantuan GEW (Geotermal Energy Web) untuk meningkatkan literasi energi peserta didik SMA

Wati, Risma (2024) Implementasi pembelajaran berbasis masalah berbantuan GEW (Geotermal Energy Web) untuk meningkatkan literasi energi peserta didik SMA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4. Bab 1.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text (BAB II)
5. Bab 2.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6. Bab 3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7. Bab 4.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8. Bab 5.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Studi ini merupakan Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan GEW (Geotermal Energy Web) untuk Meningkatkan Literasi Energi Peserta Didik SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dan cooperative learning tipe GI (group investigation) 2) perbedaan peningkatan literasi energi peserta didik di sebuah sekolah menengah atas di kabupaten Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode Kuasi-Eksperimen desain Matching pretest-posttest comparison group design. Penelitian ini menghasilkan 1) keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan menggunakan strategi AABTLT with SAS kelas berbasis masalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berlangsung secara efektif dengan persentase rata-rata 78,5% dan kelas menggunakan model cooperative learning tipe GI (group investigation) berlangsung kurang efektif dengan rata-rata persentase 56,1% 2) perbedaan peningkatan literasi energi indikator kognitif peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berada dalam kategori sedang dengan nilai n-gain sebesar 0,61 dan pada model cooperative learning tipe GI (group investigation) dalam kategori sedang dengan nilai n-gain 0,62. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada kelas berbasis masalah dan kelas cooperative learning tipe GI (group investigation) tidak terdapat perbedaan pada kedua kelas tersebut terhadap peningkatan literasi energi peserta didik berbantuan GEW (geotermal energy web) pada materi energi geotermal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berbasis masalah; Cooperative learning tipe GI (group investigation); Energi geotermal; GEW (geotermal energy web); Literasi energi
Subjects: Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Risma Wati
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:11
Last Modified: 18 Oct 2024 07:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100546

Actions (login required)

View Item View Item