puspitasari, kartika (2024) Perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model Learning Cycle 7e dan Discovery Learning pada materi gerak harmonik sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model learning cycle 7e pada kelas eksperimen I dan model Discovery Learning pada kelas eksperimen II . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true eksperimen dengan desain penelitian berupa Randomized Pretest- Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik SMA Negeri 26 Bandung dengan sampel penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas X-3 dan X-9 dengan masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar kerja peserta didik berbasis AABTLT with SAS dan soal tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan perhitungan lembar kerja peserta didik berbasis AABTLT with SAS, N-gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model learning cycle 7e dan discovery learning memperoleh nilai rata-rata 82% dan 78% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya < 0,005 maka H_o ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen I yang menggunakan model learning cycle 7e dan kelas eksperimen II yang menggunakan model discovery learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis; discovery learning; learning cycle 7e; perbandingan berpikir kritis, discovery learning, learning cycle 7e, perbandingan |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Kartika Puspitasari sari |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100614 |
Actions (login required)
View Item |