Pembelajaran Treasure Hunt berbantuan aplikasi Quizwhizzer untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Anxiety matematis siswa

Sukandi, Hasanuddin Reza (2024) Pembelajaran Treasure Hunt berbantuan aplikasi Quizwhizzer untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Anxiety matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self anxiety matematis peserta didik dengan menggunakan pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bandung dan mengambil sampel dua kelas dengan jumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal uraian sebanyak empat soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas yang menggunakan pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer adalah 3% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 97% mengalami peningkatan yang tinggi. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 3% peserta didik mengalami peningkatan kategori rendah, 42% mengalami peningkatan sedang, dan 55% mengalami peningkatan yang tinggi, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajatran konvensional. Terjadi peningkatan self anxiety matematis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer. Peneliti merekomendasikan penelitian treasure hunt dengan bantuan aplikasi yang lebih menyesuaikan zaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis; quizwhizzer; self anxiety matematis; treasure hunt
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasanuddin Reza Sukandi
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:52
Last Modified: 29 Oct 2024 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100882

Actions (login required)

View Item View Item