Sukandi, Hasanuddin Reza (2024) Pembelajaran Treasure Hunt berbantuan aplikasi Quizwhizzer untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Anxiety matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self anxiety matematis peserta didik dengan menggunakan pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bandung dan mengambil sampel dua kelas dengan jumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal uraian sebanyak empat soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas yang menggunakan pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer adalah 3% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 97% mengalami peningkatan yang tinggi. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 3% peserta didik mengalami peningkatan kategori rendah, 42% mengalami peningkatan sedang, dan 55% mengalami peningkatan yang tinggi, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajatran konvensional. Terjadi peningkatan self anxiety matematis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran treasure hunt berbantuan aplikasi quizwhizzer. Peneliti merekomendasikan penelitian treasure hunt dengan bantuan aplikasi yang lebih menyesuaikan zaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis; quizwhizzer; self anxiety matematis; treasure hunt |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hasanuddin Reza Sukandi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100882 |
Actions (login required)
View Item |