Novia, Chandra (2024) Peran ekstrakurikuler pramuka sebagai faktor penunjang motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar: Penelitian kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Sayang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover_1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak_1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I_1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II _1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III _1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV _1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V _1172090023_Chandra Novia_PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_117209023_Chandra Novia_PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya penurunan motivasi belajar siswa sebagai akibat pembelajaran saat covid-19.Terdapat beberapa siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Di samping itu, pramuka di SD Negeri Sayang sudah dilaksanakan dari lama dan memiliki banyak prestasi. Keadaan sekolah tersebut menjadi inspirasi peneliti untuk meneliti peran ekstrakurikuler pramuka sebagai faktor penunjang motivasi belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Sayang; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Sayang; (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Sayang. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mabigus gugus depan, pembina pramuka, guru-guru SD Negeri Sayang, siswa, dan orang tua siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Kesimpulan penelitian adalah (1) Peran ekstrakurikuler pramuka secara umum telah mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Sayang tercermin dalam proses pembelajaran di kelas siswa mampu menunjukkan kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi, mandiri mengerjakan tugas individu, bertanggung jawab, serta disiplin; (2) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Sayang didasari pada Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang berfungsi sebagai kurikulum pembinaan pramuka dan tolak ukur pencapaian siswa dan metode kepramukaan yang berfungsi sebagai prosedur mengimplementasikan nilai dan prinsip dasar kepramukaan; (3) Faktor pendukung pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Sayang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III utamanya berupa dukungan dari pihak sekolah, pembina pramuka, dan orang tua. Selain itu, tersedianya sarana dan prasarana media latihan meskipun terbatas menjadi faktor pendukung pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka. Adapun faktor penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Sayang diantaranya diantaranya waktu latihan, dukungan orang tua yang tidak merata, sarana dan prasarana pendukung latihan kepramukaan yang terbatas, serta biaya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pramuka; Motivasi Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Chandra Novia |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:28 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101188 |
Actions (login required)
View Item |