Mardiyah, Milad (2024) Pengaruh model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan pada pembelajaran abad 21. Namun berdasarkan hasil observasi dapat diketahui jika pada pembelajaran biologi yang dilaksanakan, guru belum berorientasi pada pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X-E dan X-G dan subjek penelitian sebanyak 66 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Data kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 64, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol sebesar 59. Hasil uji hipotesis menunjukkan 2,38 ≥ 2,00 dimana Thitung ≥ Ttabel artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif; Model Pembelajaran Simas Eric; Canva; Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mardiyah Milad |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 07:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101221 |
Actions (login required)
View Item |