Pengaruh model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati

Mardiyah, Milad (2024) Pengaruh model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan pada pembelajaran abad 21. Namun berdasarkan hasil observasi dapat diketahui jika pada pembelajaran biologi yang dilaksanakan, guru belum berorientasi pada pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X-E dan X-G dan subjek penelitian sebanyak 66 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Data kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 64, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol sebesar 59. Hasil uji hipotesis menunjukkan 2,38 ≥ 2,00 dimana Thitung ≥ Ttabel artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Simas Eric berbantu media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif; Model Pembelajaran Simas Eric; Canva; Keanekaragaman Hayati
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mardiyah Milad
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:29
Last Modified: 06 Nov 2024 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101221

Actions (login required)

View Item View Item