Maula, Anis Niswatul (2020) Bengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan media PAKARNA (Papan Angka Berwarna). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) proses pengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna); (b) media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika; (c) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; dan (d) Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Bandung dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen atau kelas yang belajar menggunakan media PAKARNA dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol atau kelas yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dalam setiap tahapnya berjalan sesuai dengan tahapan pengembangan Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang telah dimodifikasi sebanyak 7 langkah; (b) media PAKARNA telah divalidasi oleh para ahli sehingga media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) telah layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika; (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Sikap siswa terhadap media pembelajaran yang menggunakan media PAKARNA menunjukkan positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis; PAKARNA |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics Arithmetics > Arithmetic Combined with Other Brances Analysis, Theory of Functions Analysis, Theory of Functions > Analysis and Calculus Applied mathematics > Game Theory Mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Anis Niswatul Maula |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 01:20 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 01:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101665 |
Actions (login required)
View Item |