Bengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Maula, Anis Niswatul (2020) Bengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan media PAKARNA (Papan Angka Berwarna). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) proses pengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna); (b) media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika; (c) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; dan (d) Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Bandung dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen atau kelas yang belajar menggunakan media PAKARNA dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol atau kelas yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dalam setiap tahapnya berjalan sesuai dengan tahapan pengembangan Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang telah dimodifikasi sebanyak 7 langkah; (b) media PAKARNA telah divalidasi oleh para ahli sehingga media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) telah layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika; (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Sikap siswa terhadap media pembelajaran yang menggunakan media PAKARNA menunjukkan positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; PAKARNA
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Arithmetics > Arithmetic Combined with Other Brances
Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > Analysis and Calculus
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Anis Niswatul Maula
Date Deposited: 18 Nov 2024 01:20
Last Modified: 18 Nov 2024 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101665

Actions (login required)

View Item View Item