Maula, Anis Niswatul (2020) Bengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
| 
 | Text (COVER) 1_cover.pdf Download (35kB) | Preview | |
| 
 | Text (ABSTRAK) 2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview | |
| 
 | Text (DAFTAR ISI) 3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview | |
| 
 | Text (BAB I) 4_bab1.pdf Download (238kB) | Preview | |
| 
 | Text (BAB II) 5_bab2.pdf Download (839kB) | Preview | |
| 
 | Text (BAB III) 6_bab3.pdf Download (319kB) | Preview | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) 7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V) 8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (DAFTAR PUSTAKA) 9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | 
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan media PAKARNA (Papan Angka Berwarna). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) proses pengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna); (b) media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika; (c) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; dan (d) Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Bandung dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen atau kelas yang belajar menggunakan media PAKARNA dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol atau kelas yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pengembangan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dalam setiap tahapnya berjalan sesuai dengan tahapan pengembangan Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang telah dimodifikasi sebanyak 7 langkah; (b) media PAKARNA telah divalidasi oleh para ahli sehingga media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) telah layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika; (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan media pembelajaran PAKARNA (Papan Angka Berwarna) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Sikap siswa terhadap media pembelajaran yang menggunakan media PAKARNA menunjukkan positif.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis; PAKARNA | 
| Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics Arithmetics > Arithmetic Combined with Other Brances Analysis, Theory of Functions Analysis, Theory of Functions > Analysis and Calculus Applied mathematics > Game Theory Mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Anis Niswatul Maula | 
| Date Deposited: | 18 Nov 2024 01:20 | 
| Last Modified: | 18 Nov 2024 01:20 | 
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101665 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        


