Dermawan, Moh Diki Setia (2024) Pengembangan E-LKPD berbasis Argument Drivent-Inquiry untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik pada materi Gelombang Cahaya. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTKA)
9_daftarpustka.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan karena rendahnya kemampuan Argumentasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan E-LKPD berbasis Argument Drivent-Inquiryi dan mengetahui peningkatan kemampuan Argumentasi peserta didik terhadap E-LKPD berbasis Argument Drivent-Inquiry dalam proses pembelajaran fisika pada materi gelombang cahaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan pengembangan desain pembelajaran model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 27 orang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media baik dari sisi materi maupun media, E-LKPD berbasis Argument Drivent-Inquiry, soal uraian kemampuan argumentasi berbasis Argument Drivent-Inquiry, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media Menggunakan gregory, perolehan skor E-LKPD berbasis Model Argument Drivent-inquiry, N-gain dan uji t paired sample test, dan perolehan skor angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) E-LKPD berbasis Argument Drivent-Inquiry dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai validaitas materi sebesar 0.83 dan validitas materi sebesar 0.7 termasuk kedalam kategori validitas tinggi; (2) Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan E-LKPD berbasis Argument Drivent-Inquiry sangat efektif dengan persentase rata-rata 87,62%; (3) Penggunaan E-LKPD berbasisArgument Drivent-Inquirydapat meningkatkan kemampuan Argumentasi peserta didik pada materi gelombang cahaya dilihat dari rata-rata N-gain pretest posttest sebesar 0.70 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | dafpatar pustaka tidak bisa disave |
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD berbasis ADI; Kemampuan Argumentasu; Gelombang Cahaya |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Moh DIki SETIA DERMAWAN |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 08:25 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 08:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101984 |
Actions (login required)
View Item |