Hasnaturropikoh, Siti (2024) Pengembangan Articulate Storyline sebagai media pembelajaran interaktif pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian R&D pada kelas VII SMP Fullday School Al-Manshuriyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Keterbatasan media pendukung dalam proses pembelajaran menyebabkan proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada mata materi pencemaran lingkungan. Articulate storyline 3 dirancang untuk pemula sehingga salah satu keunggulannya adalah mudah dalam pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Hasil validasi para ahli menunjukan persentase rata-rata 94% oleh ahli media, 83% oleh ahli materi dan 93% oleh ahli lapangan. Efektivitas penggunaan Articulate Storyline dapat meningkatlkan hasil belajar belajar peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 85,21. Respon peserta didik terhadap Articulate Storyline tergolong “sangat setuju” dengan persentase 89%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi pencemaran lingkungan layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media; Articulate Storyline; Materi Pencemaran Lingkungan. |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | siti hasnaturropikoh |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:13 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102033 |
Actions (login required)
View Item |