Pengembangan Articulate Storyline sebagai media pembelajaran interaktif pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian R&D pada kelas VII SMP Fullday School Al-Manshuriyah

Hasnaturropikoh, Siti (2024) Pengembangan Articulate Storyline sebagai media pembelajaran interaktif pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian R&D pada kelas VII SMP Fullday School Al-Manshuriyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan media pendukung dalam proses pembelajaran menyebabkan proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada mata materi pencemaran lingkungan. Articulate storyline 3 dirancang untuk pemula sehingga salah satu keunggulannya adalah mudah dalam pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Hasil validasi para ahli menunjukan persentase rata-rata 94% oleh ahli media, 83% oleh ahli materi dan 93% oleh ahli lapangan. Efektivitas penggunaan Articulate Storyline dapat meningkatlkan hasil belajar belajar peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 85,21. Respon peserta didik terhadap Articulate Storyline tergolong “sangat setuju” dengan persentase 89%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi pencemaran lingkungan layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media; Articulate Storyline; Materi Pencemaran Lingkungan.
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: siti hasnaturropikoh
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:13
Last Modified: 28 Nov 2024 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102033

Actions (login required)

View Item View Item