Penerapan The Learning Cell untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik

Khotimah, Annisa Nurul (2024) Penerapan The Learning Cell untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran The Learning Cell. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika, yang mencakup kemampuan peserta didik untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara lisan maupun tulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Non�equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di Jatinangor, dengan sampel penelitian peserta didik kelas VIII-B dan VIII-C. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi aktivitas pembelajaran peserta didik, dan angket respon peserta didik terhadap model pembelajaran The Learning Cell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran The Learning Cell lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan penerapan The Leaning Cell dalam pembelajaran matematika membantu peserta didik tidak hanya dalam memahami materi, tetapi juga mengembangkan kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik melalui interaksi dan diskusi berpasangan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: The Learning Cell; kemampuan komunikasi matematis; pembelajaran matematika
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Nurul Khotimah
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:50
Last Modified: 03 Dec 2024 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102144

Actions (login required)

View Item View Item