Mughni, Hilma Kahfi (2024) Strategi komunikasi persuasif pengurus Pondok Pesantren Ash-Sholeh melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak santri: Studi kasus di Pondok Pesantren Ash-Sholeh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak (3).pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat berdampak bagi perkembangan zaman. Selain dampak positif dari teknologi yang memudahkan manusia untuk melakukan hal dengan cepat dan tepat, kemajuan teknologi dan informasi juga memiliki dampak negatif yaitu salah satunya adalah dekadensi moral pada generasi muda. Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin yang mengatur segala aspek kehidupan termasuk membahas moral atau perilaku manusia, di dalam Islam sendiri moral atau perilaku dikaji dalam bab akhlak. Pondok pesantren merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat memengaruhi perubahan akhlak generasi muda. \ Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana strategi psikodinamika pengurus Pondok Pesantren Ash-Sholeh dalam pembinaan akhlak santri?; Bagaimana strategi sosiokultural pengurus Pondok Pesantren Ash-Sholeh dalam pembinaan akhlak santri?; Bagaimana meaning construction pengurus Pondok Pesantren Ash-Sholeh dalam pembinaan akhlak santri? Teori yang digunakan diantaranya meliputi strategi komunikasi persuasif dan juga dikhususkan pada strategi komunikasi persuasif Melvin L.Defleur dan Sandra J Bail-Roceach. Strategi ini meliputi strategi psikodinamika, persuasi sosiokultural dan meaning construction. Selain itu, peneliti juga menggunakan konsep dakwah yang dikhususkan lagi kepada metode dakwah, mulai dari definisi metode dakwah, macam-macam metode dalam berdakwah dan juga landasan hukum dalam berdakwah serta konsep akhlak yang meliputi definisi akhlak dan proses pembinaan akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus dengan menggambarkan data dalam tulisan yang mendalam dan terstruktur. Kasus-kasus dibatasi oleh waktu dan aktivitas, dan penulis mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Strategi psikodinamika dipengaruhi oleh aspek emosi yang santri miliki, mereka bisa lebih emosional dan lain sebagainya. Strategi persuasi sosiokultural ini dipertimbangkan secara matang oleh pengurus Pondok Pesantren Ash-Sholeh sebagai salah satu referensi untuk mengenali latar belakang target secara tepat sasaran, hal ini dilakukan agar segala yang diberikan pada santri, mulai dari materi, cara penyampaian materi, karakter pemateri dan yang lainnya dapat disesuaikan. Strategi The Meaning Construction berangkat dari asumsi dasar bahwa di antara pengetahuan dan perilaku ada sesuatu yang membekas dan tercapai, sesuatu ini yang akan selalu diingat oleh setiap diri individu. ENGLISH: The rapid development of technology and information has had a significant impact on current developments. Apart from the positive impact of technology which makes it easier for humans to do things quickly and precisely, advances in technology and information also have negative impacts, one of which is moral decadence in the younger generation. Islam is a religion of rahmatan lil 'alamin which regulates all aspects of life, including discussing morals or human behavior. In Islam itself, morals or behavior are studied in the morals chapter. Islamic boarding schools are one of the external factors that can influence changes in the morals of the younger generation. Based on this background, the objectives of this research are as follows: What are the psychodynamic strategies of the Ash-Sholeh Islamic Boarding School administrators in developing the morals of students?; What is the sociocultural strategy of the Ash-Sholeh Islamic Boarding School administrators in developing the morals of students?; What is the meaning of the management of the Ash-Sholeh Islamic Boarding School in developing the morals of students? The theories used include persuasive communication strategies and are also devoted to the persuasive communication strategies of Melvin L. Defleur and Sandra J Bail-Roceach. This strategy includes psychodynamic strategies, sociocultural persuasion and meaning construction. Apart from that, researchers also use the concept of da'wah which is specifically for da'wah methods, starting from the definition of da'wah methods, various methods in preaching and also the legal basis for preaching as well as the concept of morals which includes the definition of morals and the process of moral development. This research uses a qualitative approach and case studies by describing data in in-depth and structured writing. The cases were limited by time and activity, and the authors collected complete information using various time-based data collection procedures. Psychodynamic strategies are influenced by the emotional aspects that students have, they can be more emotional and so on. This socio-cultural persuasion strategy is carefully considered by the management of the Ash-Sholeh Islamic Boarding School as one of the references to identify the target background precisely, this is done so that everything given to students, starting from the material, how to deliver the material, the character of the speaker and others can be adjusted. The Meaning Construction strategy departs from the basic assumption that between knowledge and behavior there is something that is memorable and achieved, this is something that will always be remembered by each individual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi persuasif; Pondok Pesantren Ash-Sholeh; Strategi |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | hilma kahfi - |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:06 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102178 |
Actions (login required)
View Item |