Muzaki, Iqbal Amar (2024) Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional dosen perspektif filsafat pendidikan Islam terhadap keefektifan pembelajaran agama di perguruan tinggi umum: Penelitian pada Program Studi Akuntansi dan Agribisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (819kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
Abstract
Pembelajaran Agama (PAI) di perguruan tinggi umum memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai spiritual mahasiswa. Namun, keefektifan pembelajaran agama sangat dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan profesional dosen sebagai pengajar. Kompetensi ini tidak hanya mencakup pemahaman mendalam tentang materi, tetapi juga kemampuan untuk menyampaikan dan mengarahkan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dalam konteks pendidikan tinggi umum, Perspektif filsafat pendidikan Islam diperlukan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islami dengan capaian akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa aspek yakni: 1) kompetensi pedagogik dan profesional dosen agama di Program Studi Akuntansi dan Agribisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. 2) Keefektifan pembelajaran agama di Program Studi Akuntansi dan Agribisnis. 3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen agama terhadap keefektifan pembelajaran agama di kedua program studi. 4) variasi hasil kompetensi pedagogik dan profesional dosen agama secara kuantitatif dan kualitatif di kedua program studi. 5) Variasi hasil keefektifan pembelajaran agama secara kuantitatif dan kualitatif di kedua program studi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method Research, yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model sequential explanatory. Data kuantitatif dikumpulkan dan dianalisis terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif untuk memperdalam hasil. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen, dengan objek penelitian Mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Agribisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik dan profesional dosen Perspektif filsafat pendidikan Islam di Program Studi Akuntansi dan Agribisnis Universitas Singaperbangsa Karawang memperoleh kualifikasi sangat baik dengan angka 85,5 %. 2) Keefektifan pembelajaran agama memperoleh kualifikasi baik dengan angka 84,5%. 3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen agama terhadap keefektifan pembelajaran agama adalah positif dan signifikan di angka 89,4% . 4) Hasil Kompetensi profesional dosen dan pedagogik dosen agama secara kuantitatif sama dengan hasil kualitatif. 5) Hasil keefektifan pembelajaran agama secara kuantitatif sama dengan hasil kualitatif
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Filsafat Pendidikan Islam; Pembelajaran Agama; Kompetensi Dosen; Disertasi; Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Profesional; Pembelajaran Efektif; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Amar Muzaki |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 03:24 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102195 |
Actions (login required)
View Item |