Pengaruh strategi promosi tingkat literasi dan transparansi pengelolaan zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat profesi di Baznas Provinsi Jawa Barat

Prayitno, Anggi (2024) Pengaruh strategi promosi tingkat literasi dan transparansi pengelolaan zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat profesi di Baznas Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Zakat dalam bahasa Arab memiliki arti tumbuh dan berkembang. Selain merupakan rukun islam zakat juga memiliki fungsi untuk pendisitribusian harta kekayaan dari orang yang memiliki harta berlebih kepada orang yang kekurangan harta. Zakat profesi didapatkan dari penghasilan seseorang yang diterima secara tetap seperti pejabat publik atau upah karyawan swasta lainnya, serta penghasilan tidak tetap dari professional seperti konsultan, pengacara, dokter, dan lain-lain. Atau bisa juga dari pekerjaan bebas. Yusuf Qardawi menyebutkan salah satu jenis zakat yang perlu diperhatikan oleh umat muslim yaitu zakat penghasilan atau pendapatan yang diusahakan melalui keahlian, baik itu keahlian pribadi maupun secara kolektiv atau bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh strategi promosi, tingkat literasi dan transparansi pengelolaan zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat profesi di Baznas Provinsi Jawa Barat. Adapun teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori minat oleh Abdurahman Shaleh dalam buku Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, teori Fandi Tjiptono dalam buku Strategi Pemasaran, teori Literasi oleh Antara dkk dan teori transparansi oleh Muhammad Hasan dalam buku Manajemen Zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris. Pendekatan empiris penelitian empiris merupakan suatu gagasan yang sifatnya rasional dengan cara dibentuk serta diperoleh individu melalui pengalaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif ini menyajikan penelitian dengan menyajikan data berbentuk angka-angka yang diolah dengan metode statistika. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel (responden). Berdasarkan hasil penelitian dengan teori dan metodelogi yang digunakan, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial strategi promosi memiliki pengaruh sebesar 3,460 % terhadap minat membayar zakat profesi, Tingkat literasi memiliki pengaruh sebesar -0,506 % terhadap minat membayar zakat profesi dan transparansi pengelolaan zakat memiliki pengaruh sebesar 5,676 % terhadap minat membayar zakat profesi. Kemudian secara simultan strategi promosi, tingkat literasi dan tranparansi pengelolaan zakat memiliki pengaruh sebesar 60,86 % terhadap minat membayar zakat profesi dan sisanya dipengaruhi oleh factor lain diluar penelitian ini. Hal ini berarti strategi promosi, tingkat literasi dan transparansi pengelolaan zakat merupakan kebutuhan penting untuk meningkatkan minat masyarakat membayar zakat profesi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: promosi; literasi; transparansi; minat
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
General Management > Sales Promotion
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Anggi Prayitno
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:04
Last Modified: 16 Jan 2025 05:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103295

Actions (login required)

View Item View Item