Utami, Maharani Setya (2024) Perilaku konsumtif mahasiswa pengguna online shop di perguruan tinggi agama dan non agama: Penelitian di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Pasundan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
Abstract
Maharani Setya Utami, NIM. 120803113, 2024: “Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Online Shop di Perguruan Tinggi Agama dan Non Agama (Penelitian di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Pasundan)”. Perilaku konsumtif ini dipicu oleh faktor-faktor seperti penampilan, diskon, serta pengaruh media sosial dan kelompok pertemanan pada kalangan mahasiswa. Dengan adanya Online Shop ini bukan hanya memudahkan dalam memenuhi kebutuhan hidup mahasiswa, namun, fenomena ini juga berisiko menimbulkan perilaku konsumtif, terutama di kalangan mahasiswa, yang seringkali terpengaruh gaya hidup mewah dan trend yang berkembang. Perilaku konsumtif ini muncul karena beberapa hal yang mendorong salah satunya gaya hidup yang mewah dan mencari kesenangan. Sehingga berdampak pada berbagai aspek seperti sifat dari mahasiswa itu sendiri salah satunya muncul sifat gengsi yang menyebabkan perilaku konsumtif ini semakin meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa perilaku konsumtif pengguna online shop pada mahasiswa, faktor terjadinya perilaku konsumtif dan dampak perilaku konsumtif terhadap mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Pasundan. Peneliti juga menggunakan teori dari Zygmunt Bauman yaitu Teori Consuming Life dan Teori Liquid Modernity. Teori Consuming Life dapat memandang bagaimana latar belakang terjadinya atau munculnya perilaku konsumtif masyarakat dan Teori Liquid Modernity disini dapat memandang bagaimana perubahan budaya baru pada pembahasan ini budaya baru yang dimaksud adalah Online Shop. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Dalam pengambilan data menggunakan beberapa macam teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan berjumlah 40 orang dengan masing-masing 20 Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan 20 Mahasiswa Universitas Pasundan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perilaku konsumtif pengguna Online Shop yaitu Addictive consumption, Compulsive consumption dan Implusif buying. Faktor terjadinya perilaku konsumtif adalah membeli sesuatu karena hadiah, membeli karena menarik, menjaga penampilan dan gengsi, diskon, status sosial, relevansi model iklan, percaya diri dan membeli beberapa barang sejenis berbeda merk. Dampak dari perilaku konsumtif disini dianataranya dampak personal tentang gaya hidup, dampak sosial berupa kesenjangan sosial, dampak budaya berupa pengelompokan masyarakat dan dampak psikologis seperti dampak tekanan mental.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsumtif; pembelian; mahasiswa; |
Subjects: | General Management General Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Maharani Setya Utami |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:45 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103491 |
Actions (login required)
View Item |